KATUN COMBED

posted in: Tentang Produk | 0

Sebagai pecinta belanja online, saya sering kali mendengar istilah katun combed / Cotton Combed.

Seperti apa si katun combed itu?
Enak tidak dipakai?

Inilah pertanyaan yang sering muncul. Karena ketika saya belanja online khusus baju, satu hal yang saya perhatikan adalah bahannya nyaman atau tidak. Saya tentunya ingin membeli produk yang bahannya nyaman digunakan sehari hari.
Dari masalah saya ini, kemudian saya berusaha cari tahu, tentang apa itu bahan katun combed, nah ketemulah hasilnya.
Berikut hasil nya:
Katun Combed / Cotton Combed terdiri dari beberapa macam yaitu Cotton Combed 20s, 24s, 30s, atau 40s. Apa arti dari angka-angka tersebut?


Secara umum, semakin kecil angka semakin tebal bahan kaos yang dimaksud. Walaupun demikian, tidak ada standar yang pasti di antara para produsen bahan katun, sehingga istilah 20s dari produsen A bisa berbeda ketebalannya dengan bahan 20s dari produsen yang lain.
Angka 20, 24, 30, dan 40 menunjukkan tipe benang yang digunakan pada proses perajutan menjadi bahan kain.
* Benang 20 biasanya digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 180 – 220 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
* Benang 24 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 170 – 210 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
* Benang 30 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 140 – 160 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Untuk jenis rajutan jarum ganda, bahan kain yang dihasilkan mencapai gramasi antara 210 – 230 gr/m2.
* Benang 40 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 110 – 120 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Untuk jenis rajutan jarum ganda, bahan kain yang dihasilkan mencapai gramasi antara 180 – 200 gr/m2.
Huruf ‘s’ di belakang angka menunjukkan jenis rajutan untuk bahan kaos. ‘s’ adalah singkatan dari single knit atau rajutan jarum tunggal. Jenis rajutan ini rapat, padat, kurang lentur. Sebagian besar bahan kaos katun yang beredar di pasaran menggunakan tipe rajutan jarum tunggal ini.
Selain single knit, juga ada double knit atau rajutan jarum ganda, bahan dapat digunakan bolak-balik, kedua sisinya sama saja. Bahan kaos double knit ditandai dengan huruf ‘d’ di belakang angka. Jenis rajutannya tidak rapat, kenyal, dan lentur, sehingga cocok digunakan untuk pakaian bayi dan anak-anak.
Kaos yang biasanya digunakan untuk bahan sablon kaos distro, umumnya menggunakan bahan kain katun combed 20s dan 30s.
Nah dari ulasan diatas saya sudah pernah coba kain katun combed 20s dan 30s. Saya juga pernah membelikan anak saya dengan bahan katun combed 40(saya gak faham itu 40s atau 40d)
Kesimpulan yang saya ambil.
Kalau yang suka tebal tebal pilih katun combed 20s, yang suka tidak terlalu tebal pilih 30s.
Harga yang combed 20s biasanya lebih mahal dari yang 30s untuk baju dari merek QIRANI yang pernah saya beli. Dan karena bahannya nyaman sekarang saya juga ikut JUALAN baju merek tersebut. Bisa lihat Foto-fotonya disini klik aja tulisan ini
Semoga bermanfaat ya.
Sumber artikel yang saya ulas, saya ambil dari google. Dan ada banyak sekali yang upload
, jadi sumbernya adalah google ya biar adil ^.^
qdf-11

Berikut saya berikan contoh produk yang menggunakan katun combed 20s dan 30s

 

Salam

Bunda_Syanda

Leave a Reply